RSS

PENGENALAN UMUM TENTANG PENGEMBANGAN ORGANISASI

31 Mei

Pengembangan Organisasi (Organization Development/OD) adalah suatu proses yang menggunakan ilmu pengetahuan dan praktek sosial untuk membantu organisasi mencapai  efektivitas yang lebih tinggi dan besar, termasuk menambah performansi finansial dan memperbaiki kualitas kehidupan kerja. OD berbeda dari upaya perubahan terencana lainnya, seperti inovasi teknologi, pelatihan dan pengembangan, atau produk pengembangan baru, karena fokus OD adalah untuk membangun kemampuan organisasi dalam menilai fungsionalitasnya yang tengah ada sekarang dan dalam mencapai tujuannya. Selain itu, OD juga diorientasikan untuk memperbaiki sistem suatu organisasi secara total, meliputi seluruh bagian-bagiannya dalam konteks lingkungan yang mempengaruhinya.

Definisi Pengembangan Organisasi

OD adalah aplikasi sistem dari ilmu pengetahuan sosial untuk mengembangkan, memperbaiki, dan menguatkan strategi, struktur, dan proses guna mencapai efektivitas organisasi. Studi OD meliputi dampak dan pengaruh perubahan, metode perubahan organisasi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan OD itu sendiri.

Adapun, ternyata antara OD dengan manajemen perubahan dan perubahan organisasi terdapat perbedaan-perbedaan sebagai berikut:

1.        OD digunakan untuk strategi, struktur, dan proses dari suatu sistem yang utuh, seperti organisasi, kelompok kerja, perusahaan, ataupun departemen.

2.        OD didasarkan pada ilmu pengetahuan dan praktek sosial yang meliputi konsep kecil  (kepemimpinan, dinamika kelompok, dan desain kerja) dan pendekatan makro (strategi, desain organisasi, dan hubungan internasional).

3.        OD dihubungkan dengan pengelolaan perubahan yang terencana, namun tidak bersifat formal seperti halnya pada konsultasi manajemen atau inovasi teknologi.

4.        OD melibatkan penciptaan dan penguatan perubahan.

5.        OD diorientasikan untuk memperbaiki efektivitas organisasi. Ada dua asumsi mengenai organisasi yang efektif, yaitu (a) organisasi yang efektif adalah organisasi yang mampu memecahkan dan menyelesaikan masalahnya sendiri serta mampu memusatkan perhatiannya  untuk mencapai tujuannya, dan (b) organisasi yang efektif adalah organisasi yang mempunyai performansi, kualitas produk dan layanan, produktivitas, dan perbaikan berkelanjutan, serta kualitas kehidupan kerja yang tinggi dan besar.

Meskipun sama-sama berbicara tentang implementasi perubahan terencana yang efektif, namun OD berbeda dengan manajemen perubahan dalam hal orientasi nilai dasarnya. OD memusatkan nilai dasarnya pada nilai potensial, partisipasi, dan pengembangan manusia, sedangkan manajemen perubahan memusatkan nilai dasarnya pada nilai potensial dan penciptaan keuntungan ekonomis yang kompetitif. Alhasil, OD pun berhubungan dengan pemindahan pengetahuan dan keterampilan agar suatu sistem mampu memanajemen perubahan di masa depan. Dengan demikian, OD pasti melibatkan manajemen perubahan, namun manajemen perubahan belum pasti melibatkan OD.

Lalu, perubahan organisasi mempunyai konsep yang lebih luas daripada OD. OD dapat digunakan untuk memanajemen perubahan organisasi karena OD berhubungan dengan pengelolaan perubahan, yang mana caranya adalah dengan memindahkan pengetahuan dan kemampuan untuk membangun kapabilitas organisasi guna mencapai tujuan dan memecahkan setiap permasalahan yang ada.

Intinya, ilmu pengetahuan sosial telah mengembangkan konsep dan metode yang berguna bagi organisasi untuk menghadapi perubahan lingkungan, inisiatif kompetitor, inovasi teknologi, globalisasi, ataupun restrukturasi. Itu semua berguna bagi para manajer dan administrator untuk memanajemen proses perubahan.

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 31, 2012 in ORGANISASI

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: