RSS

PERTUMBUHAN DAN RELEVANSI PENGEMBANGAN ORGANISASI

31 Mei

Suatu organisasi harus adaptif terhadap perubahan teknologi, ekonomi, politik, dan budaya yang semakin kompleks dan tidak pasti. Dan disini, OD dapat membantu organisasi tersebut untuk merespon perubahan dengan efektif. Selain itu, OD juga seringkali mempengaruhi arah strategi dari suatu organisasi.

Adapun, terdapat 3 gejala yang menyebabkan adanya perubahan dalam organisasi, yaitu:

  1. Globalisasi

Globalisasi mengubah pasar dan lingkungan yang mana merupakan jalur operasi dari suatu organisasi. Pemerintahan baru, kepemimpinan baru, pasar baru, dan negara baru memunculkan dan menciptakan adanya suatu tatanan ekonomi global baru.

  1. Teknologi informasi

Teknologi informasi mendefinisikan kembali model bisnis tradisional dengan cara mengubah performansi kerja, penggunaan pengetahuan, dan pengkalkulasian biaya pelaksanaan bisnis. Cara organisasi mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, menggunakan, dan menyebarkan  informasi dapat menaikkan nilai dan kualitas produk dan layanan serta menurunkan biayanya..

  1. Inovasi manajerial

Inovasi manajerial harus mampu merespon globalisasi dan teknologi informasi serta mampu mengendalikan akibatnya. Adanya bentuk baru dalam suatu organisasi, selalu membawa adanya jalan berpikir baru tentang cara menghasilkan barang dan memberikan layanan.

Dan seiring dengan banyaknya perubahan yang terjadi di lingkungan, kini  banyak organisasi yang mengadakan perubahan organisasi sebagai bentuk upaya penyelamatan diri mereka. Mereka menjadikan diri mereka lebih ramping dan gesit serta lebih responsif terhadap permintaan eksternal. Alhasil, mereka pun mau melibatkan para pekerja dalam pengambilan keputusan. Mereka lebih berfokus pada performansi dibandingkan pada waktu. Mereka juga lebih berinisiasi untuk mengadakan inovasi dan manajemen perubahan daripada hanya menanggapi apa yang telah terjadi.

OD memainkan peran kunci dalam membantu organisasi mengubah dirinya sendiri. OD membantu organisasi menilai dirinya sendiri dan lingkungannya serta merevitalisasi dan membangun kembali strategi, struktur, dan prosesnya. OD juga membantu anggota organisasi  mengubah asumsi dan nilai dasar yang mengatur perilaku mereka.

OD sangat penting bagi mereka yang merencanakan suatu karir profesional dalam hidupnya, baik sebagai seorang konsultan internal maupun sebagai seorang konsultan eksternal. Suatu karir dalam OD sangat berguna dan bermanfaat karena memberikan tugas-tugas yang menantang dan menarik yang harus dikerjakan dan diselesaikan bersama-sama dengan para manajer dan para pekerja untuk memperbaiki organisasi dan kehidupan kerja mereka.

Dalam OD, semua manajer dan administrator bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengembangkan bawahannya serta bertanggung jawab untuk memperbaiki performansi departemennya. Lalu, semua staf khusus, seperti akuntan, analis keuangan, insinyur, teknologis informasi, spesialis personalia, atau peneliti pasar, bertanggung jawab untuk memberikan nasehat dan bimbingan serta memperkenalkan metode dan praktek baru kepada manajer.

Intinya, OD dapat membantu organisasi menjadi lebih fleksibel, adaptif, dan efektif. OD dapat membantu manajer dan staf melaksanakan tugasnya dengan efektif, memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengadakan hubungan antarpersonal yang efektif, menunjukkan kepada personil cara bekerja yang efektif dengan rekannya dalam mendiagnosis permasalahan yang kompleks dan dalam merencanakan solusi yang tepat.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 31, 2012 in ORGANISASI

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: